-->

Sembilan Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

TENDASEJARAH.com - Mataram Kuno merupakan salah satu dari sekian banyak kerajaan hindu budha yang ada di negeri Indonesia ini, Kerajaan Mataram Kuno berkuasa di Jawa Tengah bagian selatan antara abad ke-8 dan abad ke-10. 

Nama Mataram sendiri pertama kali disebut pada prasasti yang ditulis di masa raja Balitung. kerajaan Mataram Kuno atau disebut dengan Bhumi Mataram, Pada awalnya terletak di Jawa Tengah dan daerah Mataram dikelilingi oleh banyak pegunungan dan juga dialir banyak sungai besar diantaranya sungai Progo, Bogowonto, Elo, dan Bengawan Solo.


Kerajaan Mataran kuno sendiri memiliki sembilan candi peninggalan yang masih ada hingga saat ini, dan kini telah menjadi salah satu bukti sejarahkejayaan kerajaan mataram kuno dan juga telah menjadi salah satu dinasti wisatawan lokal maupun manca negara, dan inilah kesembilan candi tersebut:

1. Candi Sewu merupakan salah satu candi Budha yang terletak di kawasan candi Prambanan, tepatnya di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jwa Tengah. Candi ini merupakan candi Budha terbesar ke-2 setelah candi Borobudur.

2. Candi Arjuna merupakan candi yang mirip dengan candi di kompleks Gedong Sanga. Candi ini merupakan salahsatu jandi yang terletak di kompleks Percandian Arjuna yaitu kelompok candi peninggalan kerajaan Hindu di dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Candi Bima merupakan candi yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini memiliki arsitektur bangunan yang cukup unik. Arsitektur bangunannya mirip dengan candi yang ada di India.

4. Candi Borobudur adalah nama sebuah candi yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Budha yang didirikan pada pemerintahan wangsa Syailendra. Para pendiri candi ini menganut kepercayaan Budha Mahayana. Para peneliti memperkirakan candi Borobudur ini didirikan pada tahun 800-an masehi


5. Candi Mendut Satu lagi candi yang memiliki corak Budha, yaitu candi Mendut. Candi yang terletak di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Magelang, Jawa Tengah ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra.



6. Candi Pawon merupakan candi yang terletak di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Dalam bahasa jawa, pawon memiliki arti dapur. Namun, nama Candi Pawon bukan berarti bermakna candi dapur. Nama Candi Pawon saat ini masih belum diketahui asal-usulnya.

7. Candi Puntadewa merupakan salah satu candi peniggalan kerajaan Mataram Hindu yang terletak di kompleks candi Arjuna. Candi ini memiliki ukuran yang kecil. Namun, candi ini terlihat tinggi.

8. Candi Semar letaknya berhadapan dengan Candi Arjuna. Candi ini sebenarnya berbentuk segiempat yang membujur ke arah utara-selatan. tangga menuju pintu masuk candi berada di sisi timur dan batur candi memiliki ketinggian sekitar 50 cm.

9. Candi Puntadewa merupakan salah satu candi peniggalan kerajaan Mataram Hindu yang terletak di kompleks candi Arjuna. Candi ini memiliki ukuran yang kecil. Namun, candi ini terlihat tinggi.

4 comments

  1. Izin copas yaaa :) thank youuuu

    1. Silahkan, jangan lupa backlinknya ya :)
      Semoga bermanfaat.

  2. suwun yo mas

    1. Sami Sami Mas :)

Total Pageviews

Loading...